Search

Camilan Sehat yang Ampuh Tunda Lapar - detikHealth

Jakarta -

Lapar sebelum jam makan memang sering melanda. Bagi yang ingin ngemil untuk menunda lapar, boleh mencoba makanan multigrain. Makanan multigrain atau makanan yang mengandung lebih dari satu biji-bijian merupakan salah satu makanan yang dapat membuat perut kenyang lebih lama.

Medical Marketing Manager Kalbe Nutritionals dr Adeline Devita menyebut, kulit keras pada gandum dan fiber di dalam makanan multigrain dapat memperlambat metabolisme pemecahan glukosa sehingga akan lebih lama diserap oleh tubuh sebelum menjadi gula dalam darah dan energi, itu akan membuat perut kenyang lebih lama.

"Gandum utuh memiliki serat yang tinggi. Di dalamnya, ada kandungan karbohidrat kompleks yang lebih lama diserap tubuh sebelum diolah menjadi gula dalam darah dan energi, sehingga dapat membuat rasa kenyang lebih lama dan berefek baik untuk mengurangi obesitas," ujar dr Adeline kepada detikHealth, baru-baru ini.

Selain dapat membuat perut kenyang lebih lama, multigrain juga memiliki berbagai macam manfaat kesehatan. Dilansir dari Fitday, makanan multigrain yang terbuat dari biji-bijian mengandung banyak manfaat untuk kesehatan seperti serat, vitamin B, dan zat besi.

dr Adeline pun menambahkan, kulit luar yang keras dari grain yang utuh mengandung mineral, fiber, dan antioksidan. Selanjutnya ada endosperm yang tinggi akan karbohidrat. Sedangkan, bagian benih pada lapisan terdalam memiliki vitamin, protein, dan mineral.

Namun dr Adeline menyebut, grain olahan sudah tidak mengandung nutrisi yang ada pada tiga bahan makanan tersebut, grain yang diolah telah melalui proses yang panjang sehingga nutrisinya hanya pada bagian benihnya saja.

"Apabila ingin mengonsumsi multigrain, sebaiknya konsumsilah dalam kondisi utuh (whole grain) karena jika mengolahnya, nutrisi yang terkandung di dalamnya tidak dapat dipastikan tetap optimal," lanjutnya.

Menurutnya, kulit keras gandum dan fiber di dalamnya dapat memperlambat metabolisme pemecahan menjadi glukosa. Inilah yang menjadikan kadar gula darah tetap terkontrol. Serat pun membantu menurunkan kolesterol dan membuang zat-zat tidak berguna melalui sistem pencernaan.

Beberapa penelitian menyebut bahwa serat, nutrisi, dan fitokimia pada grain utuh dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan metabolisme glukosa, memperlambat penyerapan makanan, dan mencegah lonjakan darah sehingga grain utuh baik untuk mencegah diabetes tipe 2.

Multigrain sangat cocok dijadikan snack yang ampuh tunda lapar dan menyehatkan karena mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Namun bila membeli produk multigrain, pastikan Anda melihat bahwa kandungan biji-bijian yang ada di dalamnya utuh agar bisa mendapat manfaat maksimal seperti Fitbar yang mengandung 100% multigrain seperti Australian oat, corn flakes, dan rice crispy.

Fitbar juga mengandung 90 kcal per saji, rendah kalori, bebas kolesterol (0 mg/saji), dan memiliki sumber vitaminA, B12, C, dan kalsium untuk mendukung asupan nutrisi keluarga tercinta. Fitbar memiliki berbagai varian rasa seperti cokelat, fruits, nuts, dan tiramisu.

Simak Video "14% Pasien COVID-19 di China Terinfeksi Lagi, Ada Second Wave?"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)

Let's block ads! (Why?)



"kenyang" - Google Berita
March 28, 2020 at 01:33PM
https://ift.tt/2JxPRIh

Camilan Sehat yang Ampuh Tunda Lapar - detikHealth
"kenyang" - Google Berita
https://ift.tt/37Ny3D4
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Camilan Sehat yang Ampuh Tunda Lapar - detikHealth"

Post a Comment

Powered by Blogger.